Contoh Salam Pembuka Surat

Salam Pembuka

Fungsi Salam Pembuka adalah menunjukan rasa hormat dan sopan santun. Salam pembuka berlaku untuk surat pribadi, surat bisnis, maupun surat dinas tertentu. Penggunaan salam pembuka sangat dipengaruhi oleh hubungan penulis dan penerima surat, serta situasi hubungan keduannya. Dalam surat  bisnis biasanya digunakan salam pembuka bersifat formal, namun untuk menekankan keakraban sering kali juga digunakan salam pembuka yang informal. Berikut beberapa contoh salam pembuka yang umum digunakan.

Dengan hormat

Salam pembuka ini sangat umum dipakai dalam surat bisnis maupun surat resmi pemerintahan karena sifatnya yang formal dan netral.

Saudara … yth.

Salam pembuka ini menunjukan penulis surat sudah kenal dengan pembaca surat. Dalam hal ini  penulis mencoba menjaga jarak dengan menggunakan hubungan formal. Salam pembuka model ini biasanya dibuat oleh atasan untuk anak buahnya, rekan sejawat, atau mitra kerja.

 Bapak/Ibu … yth.

Salam pembuka ini hampir sama dengan contoh b ditujukan kepada orang yang sudah dikenal dan dibuat oleh orang yang kedudukannya lebih rendah, atau ditujukan kepada orang yang lebih dihormati.

Yang Mulia …

Salam pembuka ini ditujukan untuk raja, ratu, presiden, dan diplomat.

Semoga bermanfaat :)