Karakteristik Tim Kerja yang Efektif

KARAKTERISTIK TIM KERJA YANG EFEKTIF

Mengingat pentingnya peranan tim kerja, maka suatu tim yang efektif haruslah memiliki beberapa karakteristik berikut ini:

1)    Mempunyai tujuan yang jelas

Organisasi   harus   menentukan   tujuan dan alasan yang  jelas dalam pembentukkan tim kerja. Dengan tujuan yang jelas akan mengatasi masalah keragu-raguan anggota tim dalam menyelesaikannya.

2)    Komunikasi dengan terbuka dan jujur

Anggota tim harus dapat saling berkomunikasi dengan baik,  terbuka dan jujur. Masalah komunikasi yang buruk biasanya menjadi kendala dalam pelaksanaan pencapaian pekerjaan yang efektif.

3)    Mencapai keputusan dengan konsensus

Tim  kerja  pada akhirnya harus melakukan pengambilan keputusan dalam pelaksanaan pekerjaannya. Untuk supaya efektif keputusan harus diambil secara consensus, jangan ada anggota tim yang mendominasi dan terlalu mengendalikan pengambilan keputusan.

4)    Berfikir secara kreatif

Masing – masing anggota tim harus dapat berfikir secara kreatif, berfikir diluar kotak dan mengajukan ide-ide baru dan segar terhadap pemecahan suatu masalah.

5)    Tetap fokus

Anggota tim dituntut untuk fokus terhadap tanggungjawab yang telah diberikan organisasi kepada dirinya. Fokus akan membantu meningkatkan efektifitas kerja tim.

6)    Memecahkan masalah dengan efektif.

Tim kerja harus memecahkan masalah secara efektif, tidak berlarut-larut,harus mementingkan kepentingan organisasi secara keseluruhan, sehingga bisa dicapai keputusan yang mengutamakan kepentingan organisasi.

Tanpa memiliki karakteristik tersebut diatas sangat memungkinkan terjadinya konflik dalam tim kerja, yang mengakibatkan tim menjadi tidak efektif.

Oke semoga bermanfaat. Salam peribahasaindonesia.com