Pedoman Komunikasi yang Efektif

PEDOMAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang mengatasi hambatan komunikasi. Kali ini kita akan membahas bagaimana membuat sebuah komunikasi yang efektif dan efisien. Berikut ini beberapa pedoman yang dapat dipergunakan untuk membuat komunikasi menjadi efektif dan efisien, sebagai berikut:

1)    Memahami penerima pesan anda.

Memahami siapa penerima  pesan  anda sangat penting supaya komunikasi dapat tercapai sesuai dengan tujuan. Komunikator yang baik adalah yang mampu mengenali penerima secara baik, sehingga pemilihan media dan pengiriman pesan yang disampaikan dapat disesuaikan dengan latar belakang penerima.

2)    Menyesuaikan pesan dengan penerima.  

Penerima pesan adalah pihak yang diharapkan mempunyai pemahaman yang sama dengan tujuan komunikasi anda. Sesuaikan pesan dengan kondisi penerima, misalnya latarbelakang pendidikan, karakteristik pribadi, preferensi, dan lain-lain.

3)    Mengembangkan dan menghubungkan gagasan.

Kembangkan gagasan anda, dan hubungankan gagasan anda dengan sesuatu yang mudah dikenal (familiar) dengan penerima komunikasi.

4)    Kurangi jumlah pesan.

Pesan yang bertele-tele akan membuat komunikasi tidak produktif dan tidak efisien, lebih dari itu tidak akan mencapai tujuan komunikasi secara efektif. Pesan hendaknya ringkas, padat dan fokus pada tujuan.

5)    Memilih saluran dan medium yang tepat.

      Pemilihan medium yang tepat (baik tatap muka langsung, tertulis dan lain-lain) untuk menyampaikan komunikasi anda akan membantu efektifitas komunikasi.

6)    Memperkuat ketrampilan komunikasi anda.

Berlatihlah, dan miliki sikap untuk menguasai ketrampilan komunikasi dengan lebih baik. Kesadaran untuk selalu meningkatkan kualitas komunikasi akan memperbaiki komunikasi anda.

      Komunikasi yang efektif dan efisien akan meningkatkan produktifitas kerja dan produktifitas kehidupan kita secara umum. Penting sekali untuk selalu dipertimbangkan tingkat efisiensi dan efektifitas saat melakukan komunikasi. Dengan cara itu pencapaian tujuan organisasi melalui komunikasi yang efektif dan efisien dapat tercapai.

Semoga bermanfaat.