Pengertian Komunikasi Non Verbal

Pengertian Komunikasi Non Verbal

Komunikasi non-verbal merupakan bentuk komunikasi yang tidak menggunakan kata-kata, baik lisan maupun tulisan. Komunikasi non-verbal menggunakan tanda-tanda melalui tubuh, meliputi gerak tubuh, ekspresi muka, nada suara. Sebagai contoh, ekspresi muka seseorang bisa membedakan apakah ia sedang marah, murung atau menghadapi ketakutan. Jika seseorang mengatakan “saya gembira sekali!” namun wajahnya menunjukkan kemurungan, maka seringkali kita lebih percaya pada tanda-tanda non-verbal daripada komunikasi verbalnya.

Dengan melihat tanda-tanda komunikasi non-verbal anda dapat memahami perasaan seseorang yang sebenarnya. Berdasarkan perkiraan ada 700,000 bentuk komunikasi non-verbal yang biasa dipakai umat manusia dari berbagai budaya yang berbeda. Setiap budaya mempunyai bentuk komunikasi non-verbalnya masing-masing. Beberapa mempunyai pengertian yang sama, namun tidak jarang tanda-tanda non-verbal yang sama mempunyai pengertian yang berbeda, bahkan bertentangan.

Dalam dunia organisasi, seorang manajer secara jeli harus dapat menafsirkan bentuk-bentuk komunikasi non-verbal, yang seringkali lebih bersifat alami dan mencerminkan kondisi seseorang yang sebenarnya.

Semoga bermanfaat bagi para pembaca PeribahasaIndonesia.com