Pengertian Rangkuman dalam Bahasa Indonesia

Pengertian Rangkuman

Rangkuman adalah sebuah kata yang sangat umum untuk mencakup semua bentuk ringkasan atau risalah sebuah tulisan atau naskah asli. Akan tetapi, secara teknis karang-mengarang perlu diadakan pembatasan. Lebih khusus lagi, rangkuman merupakan satu bentuk karangan yang mengikhtisarkan sesuatu dalam kata-kata. Yang dipilih untuk diikhtisarkan adalah pokok-pokok pikiranĀ  utama atau bagian-bagian yang penting dari sebuah naskah asli. Pokok-pokok yang kecil yang tidak penting, contoh-contoh, ilustrasi dibuang.

Kita merangkum sesuatu untuk beberapa kepentingan, seperti untuk menyerang atau mempertahankan ide dari penulis. Panjang sebuah rangkuman tidak dapat ditentukan karena bergantung pada isi dan tujan naskah aslinya. Misalnya, panjang naskah asli 337 kata dirangkum sehingga menjadi 140 kata; panjang naskah asli 526 kata dirangkum menjadi 140 kata. Akan tetapi, panjang naskah asli 420 kata yang dirangkum menjadi 120 kata juga ada.

Hal-hal yang dapat dirangkum

Di bangku kuliah atau di sekolah, rangkuman merupakan satu pelatihan akademis. Akan tetapi, dalam kehidupan sehari-hari rangkuman merupakan satu keterampilan yang sangat dibutuhkan dan dapat diterapkan di mana saja. Orang dapat diminta untuk merangkumkan: berita, laporan, kutipan, sebuah pembicaraan dalam sebuah pertemuan, dsb.

Oke semoga bermanfaat ya bagi para pembaca peribahasaindonesia.com